Senin, 26 Desember 2016

12 Tahun Tsunami Aceh, Mesjid Ulee Lheu Menjadi Tempat Peringatan




LINTAS RAKYAT POST, Banda Aceh - Pemerintah Provinsi Aceh tahun ini menggelar sejumlah kegiatan untuk memperingati 12 tahun tsunami Aceh pada Senin 26 Desember 2016. "Pusat peringatan tahun ini ditempatkan di Masjid Ulee Lheu, Banda Aceh," kata Frans Delian, Kepala Humas Pemerintah Aceh, Ahad 25 Desember 2016.

Menurut dia, peringatan berbentuk zikir, doa dan santunan anak yatim, juga upacara peringatan dan tausyiah tsunami yang akan disampaikan oleh Ust. Bachtiar Nasir. "Juga mengunjungi makam massal korban tsunami di Ulee Lheu," kata Frans.

Tema yang diangkat dalam peringatan tahun ini adalah “Majukan Negeri Bangun Budaya Siaga Bencana Masyarakat”. Melalui tema tersebut diharapkan kepada seluruh masyarakat dan Pemerintah Aceh terus membangun kesadaran menuju budaya siaga bencana. 

Selain itu, sejumlah komunitas juga menggelar peringatan, seperti lomba Marathon 10K Tsunami Games di Kabupaten Aceh Jaya yang digelar oleh Dispora Aceh. Ddialog “Daerah Bencana menuju Masa Depan” yang diadakan Aceh dan Jepang bersama The Laboratory for Global Dialogue.

Di Museum Tsunami dan Kapal Apung juga ada pameran foto tsunami dan rekontruksi Aceh dulunya yang difasilitasi oleh Media Group dan Metro TV. 

Tsunami Aceh 12 tahun lalu mengakibatkan lebih dari 200 ribu warga Aceh meninggal dan ratusan ribu lainnya kehilangan tempat tinggal. 
Previous Post
Next Post

0 comments: