Rabu, 07 Desember 2016

Gempa 6,4 SR Guncang Pidie Jaya, Ribuan Warga Panik




BANDA ACEH - Gempa dengan getaran cukup kuat yang dirasakan masyarakat mengguncang wilayah Banda Aceh dan sekitarnya, sekira pukul 05.03 WIB. Getaran gempa dirasakan hampir satu menit tersebut mengejutkan warga di ibu kota Provinsi Aceh. Namun belum diketahui ada kerusakan atau korban jiwa atau tidak akibat gempa tersebut.

Gempa terjadi beberapa menit menjelang azan Subuh, sehingga membuat sebagian warga keluar rumah guna menghindari hal-hal berbahaya yang mungkin terjadi.
Dari pengamatan di Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, masyarakat kawasan pesisir tersebut sempat waswas terjadinya tsunami akibat gempa ini.



Sejumlah warga sempat hendak mengevakuasi diri menjauh dari pantai. Namun, mereka belum bergerak karena menunggu informasi resmi.
"Kami hendak evakuasi, tapi masih menunggu. Gempanya terasa kuat. Rumah sempat bergetar, terasa seperti gempa akhir 2004 silam," ungkap Nurfida, ibu rumah tangga, di Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, Rabu (7/12/2016)
Sementara itu, informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika menyebutkan gempa itu berkekuatan 6,4 skala richter (SR) yang terjadi pada kedalaman 10 kilometer.
Gempa terjadi pukul 05.03 WIB tersebut berada di 5.19 lintang utara (LU) dan 96.36 bujur timur (BT). Pusat gempa berada di kawasan Kabupaten Pidie Jaya dan tidak berpotensi tsunami
  
Previous Post
Next Post

0 comments: